Jangan lupa beri komentar, kritik dan saran pada tiap postingan

Jangan lupa beri komentar, kritik dan saran pada tiap postingan
Silakan membagikan/share postingan-postingan www.gejalgejol.blogspot.com sebanyaknya ke siapa pun. Semoga bermanfaat ya. Amin

Awal Mei, Stasiun KA Purwokerto Hapus Sistem Cetak Tiket

Setelah membaca berita penting dari Detikcom, untuk para calon penumpang kereta api khususnya yang berada di wilayah Purwokerto dan sekitarnya. Silakan baca dan simak beritanya dibawah ini. Semoga bermanfaat ya. 
 

Awal Mei 2016 ini, para calon penumpang kereta api (KA) yang melakukan perjalanan dari stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto tidak perlu lagi perlu melakukan cetak tiket melalui loket maupun pencetakan tiket mandiri di stasiun.

Para calon penumpang cukup memasukan nomor kode booking pembelian tiket atau melakukan scan barcode struk pemesanan pada mesin check-in. Boarding pass akan tercetak otomatis dari mesin ini.

Daop 5 Purwokerto akan menjadi Daerah Operasi  kedua yang memberlakukan sistim check-in bagi penumpang KA setelah Daop 2 Bandung. Sistem ini sukses diuji coba di stasiun Bandung sejak 22 Februari 2016. Kemudian diterapkan diseluruh stasiun Daop 2 Bandung.

Dengan pemberlakuan sistim check-in, untuk naik kereta api tidak lagi diperlukan tiket seperti yang berlaku saat ini. Sebagai gantinya penumpang harus melakukan proses check-in melalui mesin check-in mandiri di stasiun keberangkatan.

Setelah sukses melakukan check-in, calon penumpang akan mendapatkan boarding pass yang selanjutnya digunakan dalam proses boarding masuk ke peron stasiun.

"Sangat mudah dan cepat, mirip dengan proses cetak tiket mandiri di stasiun," kata Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Surono, Jumat (29/4/2016).

Menurut dia, check-in di stasiun keberangkatan dapat dilakukan calon penumpang dalam waktu paling cepat 12 jam sebelum jam keberangkatan KA.

"Bisa dilakukan mulai 12 jam sebelum jam berangkat KA, waktunya dibuat panjang untuk menghindari antrean," ujarnya.

Selain di stasiun keberangkatan sesuai pemesanan tiket penumpang, check-in juga bisa dilakukan di stasiun lain di mana kereta berhenti. Dengan catatan stasiun tersebut terletak antara stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan.

"Misalnya penumpang tujuan Jakarta dengan stasiun keberangkatan dari Gombong, bisa check-in di stasiun Kroya atau Purwokerto. Tapi tidak bisa check-in di stasiun Kebumen atau Kutoarjo," ujarnya.

Dia mengungkapkan, pemberlakuan sistim check-in ini dimaksudkan untuk menghindari penggunaan tiket palsu oleh penumpang.

"Selama ini beberapa kali terjadi kasus pencurian blangko tiket dari mesin cetak tiket mandiri. Kemudian tiket tersebut digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk naik kereta," ungkapnya.

Dia berharap, dengan penerapan sistim check-in, boarding pass tidak akan bisa didapatkan penumpang tanpa ada kode boking transaksi pembelian tiket. Sehingga dipastikan tidak akan ada lagi penggunaan tiket palsu.

Dia menjelaskan, pada proses check-in menggunakan mesin check-in mandiri di stasiun keberangkatan rata- rata hanya dibutuhkan waktu 5 detik. Durasi waktu ini lebih cepat 10 detik dibandingkan proses cetak tiket mandiri yang rata- rata memerlukan 15 detik per tiket.

Meskipun sistim check-in telah digunakan, proses boarding juga tetap harus dilakukan oleh calon penumpang. Setelah mendapatkan boarding pass saat check-in, calon penumpang dapat melakukan boarding (masuk peron stasiun). 

Petugas akan melakukan verifikasi boarding pass dengan perangkat scanner serta memeriksa kecocokan data dengan kartu identitas asli penumpang.

"Penumpang tetap wajib menunjukan Kartu Identitas asli yang ada fotonya, jika data pada boarding pass dan ID tidak sesuai tetap dilarang masuk dan dianggap hangus," jelasnya.

Boarding pass sendiri berisi nama dan nomor ID penumpang, nama KA, stasiun beserta tanggal dan jam keberangkatan KA, kode booking, nomor kereta dan tempat duduk serta stasiun tujuan berikut perkiraan waktu tiba.

Ke depan secara bertahap sistim check-in ini akan diberlakukan diseluruh stasiun wilayah kerja PT KAI. Diharapkan penerapan sistim check-in di stasiun keberangkatan ini akan semakin meningkatkan ketertiban dan keamanan penumpang kereta api. 
(arb/ang)

(Sumber : Detik.com)
Tag : info
0 Komentar untuk "Awal Mei, Stasiun KA Purwokerto Hapus Sistem Cetak Tiket"

Silakan berkomentar dengan bijak, serta memberi kritik/saran yang positif agar blog ini bisa menjadi semakin baik dan bermanfaat. Terima kasih. Salam :)

Back To Top